Informasi Tentang Provinsi Sumatera Selatan

Provinsi Sumatera Selatan( Sumsel) merupakan suatu provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatera. Provinsi ini mempunyai luas daerah sebesar 91. 592, 43 km2 serta mempunyai jumlah penduduk dekat 8, 5 juta jiwa. Sumsel mempunyai bermacam keunikan serta kemampuan yang menjadikannya selaku salah satu provinsi yang menarik buat didatangi serta dijelajahi.

Dalam postingan ini, kami hendak membagikan data lengkap menimpa Provinsi Sumatera Selatan, mulai dari sejarah, geografi, budaya, wisata, sampai kemampuan ekonomi yang dimilikinya.

Sejarah Provinsi Sumatera Selatan

Provinsi Sumatera Selatan mempunyai sejarah yang panjang serta kaya. Sejarah provinsi ini bisa ditelusuri dari sebagian masa dulu sekali, semacam masa kerajaan Sriwijaya, kerajaan Palembang, sampai masa penjajahan Belanda.

Masa Kerajaan Sriwijaya jadi dini sejarah Sumatera Selatan. Kerajaan ini ialah salah satu kerajaan besar di Nusantara pada abad ke- 7 sampai abad ke- 14. Kerajaan ini berpusat di daerah Palembang serta mempunyai pengaruh yang besar di segala Asia Tenggara.

Berikutnya, pada masa kerajaan Palembang, provinsi ini jadi salah satu pusat perdagangan serta pemerintahan di Nusantara. Pada masa ini, banyak terjalin pertumbuhan dalam bidang seni serta budaya, semacam seni tari, musik tradisional, serta arsitektur.

Sehabis masa kerajaan Palembang, provinsi ini jadi daerah penjajahan Belanda pada dini abad ke- 19. Sepanjang masa penjajahan, banyak terjalin perlawanan dari rakyat Sumatera Selatan terhadap penjajah. Perjuangan ini terus berlangsung sampai kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945.

Semenjak kemerdekaan Indonesia, provinsi Sumatera Selatan jadi bagian dari negeri kesatuan Republik Indonesia. Pada masa ini, banyak terjalin pertumbuhan di bermacam bidang, semacam infrastruktur, pembelajaran, serta ekonomi.

Geografi Sumatera Selatan

Provinsi Sumatera Selatan terletak di sebelah selatan pulau Sumatera, Indonesia. Provinsi ini mempunyai daerah seluas 91. 592 kmĀ² serta berbatasan dengan provinsi Lampung di sebelah utara, Jambi di sebelah timur, Bengkulu di sebelah barat, dan Laut Jawa serta Selat Sunda di sebelah selatan.

Sebagian besar daerah provinsi Sumatera Selatan merupakan dataran rendah yang ialah bagian dari dataran rendah Sumatera. Tetapi, ada pula wilayah pegunungan di sebelah utara provinsi ini, ialah Pegunungan Bukit Barisan. Pegunungan ini mempunyai ketinggian sampai lebih dari 2. 000 m di atas permukaan laut.

Provinsi Sumatera Selatan mempunyai banyak sungai besar yang mengalir ke Selat Sunda serta Laut Jawa, semacam Sungai Musi, Sungai Ogan, Sungai Komering, serta Sungai Lematang. Sungai Musi merupakan sungai terbanyak di provinsi ini serta jadi sumber air buat bermacam aktivitas manusia, semacam irigasi, perikanan, serta transportasi sungai.

Tidak hanya itu, provinsi Sumatera Selatan mempunyai kekayaan alam yang melimpah, semacam tambang batu bara, minyak bumi, serta gas alam. Provinsi ini pula mempunyai kemampuan pertanian yang besar, paling utama di wilayah dataran rendah yang produktif. Sebagian komoditas pertanian yang jadi andalan provinsi ini antara lain kelapa sawit, karet, kopi, serta lada.

Sebab posisinya yang terletak di jalan perdagangan internasional, provinsi Sumatera Selatan pula mempunyai pelabuhan- pelabuhan berarti, semacam Pelabuhan Tanjung Api- Api, Pelabuhan Tanjung Carat, serta Pelabuhan Panjang. Perihal ini menjadikan provinsi ini selaku salah satu pusat perdagangan serta industri berarti di Indonesia.

Budaya Sumatera Selatan

Budaya Provinsi Sumatera Selatan sangat kaya serta bermacam- macam. Perihal ini nampak dari adat- istiadat, tarian, serta kesenian yang jadi peninggalan budaya dari nenek moyang mereka. Salah satu adat istiadat yang masih dipertahankan oleh warga Sumatera Selatan merupakan adat musyawarah. Adat ini ialah budaya dalam proses pengambilan keputusan yang mengaitkan warga secara bersama- sama.

Tarian serta kesenian tradisional pula jadi bagian yang berarti dalam budaya Sumatera Selatan. Tarian tradisional yang populer merupakan tari piring, tari lenggang nyai, serta tari serampang 2 belas. Tari piring ialah tarian yang dicoba dengan bawa piring serta menariknya dengan gerakan yang dinamis serta elok. Tari lenggang nyai ialah tarian yang menggambarkan kehidupan warga wanita di Sumatera Selatan. Sebaliknya tari serampang 2 belas ialah tarian yang dicoba oleh 2 belas penari dengan gerakan yang serasi.

Tidak hanya itu, kesenian semacam seni ukir serta seni tenun pula sangat terkenal di Sumatera Selatan. Seni ukir umumnya diterapkan pada kayu ataupun bambu serta kerap kali menggambarkan flora serta fauna yang khas dari Sumatera Selatan. Sebaliknya seni tenun khas Sumatera Selatan umumnya memakai benang sutra ataupun kapas yang dihasilkan dari tumbuhan yang berkembang di wilayah tersebut.

Santapan khas Sumatera Selatan pula ialah bagian yang tidak terpisahkan dari budaya mereka. Salah satu santapan khas Sumatera Selatan yang populer merupakan pempek. Pempek dibuat dari ikan yang dihaluskan serta dicampur dengan tepung sagu, dan bumbu- bumbu rempah yang khas. Tidak hanya itu, terdapat pula santapan tradisional semacam tekwan, model, serta mie celor yang jadi kesukaan warga Sumatera Selatan.

Budaya Sumatera Selatan pula dipengaruhi oleh agama Islam yang dianut oleh sebagian besar penduduknya. Perihal ini tercermin dalam adat- istiadat yang dicoba oleh warga Sumatera Selatan, semacam upacara perkawinan, sunatan, serta peringatan hari besar Islam semacam Idul Fitri serta Idul Adha.

Wisata

Provinsi Sumatera Selatan mempunyai banyak tempat wisata yang menarik serta populer di Indonesia. Sebagian tempat wisata yang harus didatangi di provinsi ini antara lain:

1. Danau Ranau

Danau Ranau ialah danau terbanyak kedua di Sumatera Selatan. Tempat ini terletak di perbatasan antara Sumatera Selatan serta Bengkulu. Di dekat danau ini, ada hutan tropis yang masih natural serta sebagian tempat wisata lain semacam air terjun.

2. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak merupakan suatu benteng aset Belanda yang terletak di Palembang. Tempat wisata ini dibentuk pada tahun 1780 serta jadi saksi sejarah dari perjuangan rakyat Palembang melawan penjajahan Belanda. Dikala ini, Wisata ini jadi salah satu objek wisata sejarah yang terkenal di Palembang.

3. Masjid Agung Palembang

Masjid Agung Palembang ialah salah satu masjid tertua di Indonesia yang terletak di kota Palembang. Mesjid ini dibentuk pada abad ke- 16 serta jadi saksi sejarah ekspedisi Islam di Sumatera Selatan. Tempat Ibadah di Palembang ini pula mempunyai arsitektur yang indah serta unik, sehingga kerap dijadikan selaku objek fotografi.

Kemampuan Ekonomi

Provinsi Sumatera Selatan mempunyai kemampuan ekonomi yang lumayan besar, paling utama di sektor pertanian serta perkebunan. Sebagian produk unggulan dari Sumatera Selatan merupakan karet, kelapa sawit, serta kopi. Tidak hanya itu, sektor pariwisata pula jadi salah satu kemampuan ekonomi yang lumayan menjanjikan.

Di sektor pertanian, Sumatera Selatan ialah produsen karet terbanyak kedua di Indonesia. Sebagian besar penciptaan karet Sumatera Selatan diekspor ke negara- negara semacam Cina, India, serta Jepang. Tidak hanya itu, kelapa sawit pula jadi produk unggulan Sumatera Selatan yang mempunyai permintaan yang besar di pasar global.

Sektor perikanan pula ialah sektor yang lumayan berarti di Sumatera Selatan. Berkat posisinya yang strategis di dekat tepi laut, Sumatera Selatan mempunyai kemampuan besar dalam pengembangan sektor perikanan. Produk perikanan yang populer dari Sumatera Selatan antara lain ikan tongkol, tuna, serta cumi- cumi.

Di sektor pariwisata, Sumatera Selatan menawarkan keelokan alam yang luar biasa. Halaman Nasional Bukit Barisan Selatan ialah salah satu destinasi wisata alam yang terkenal di Sumatera Selatan. Halaman nasional ini populer dengan kekayaan flora serta fauna yang melimpah, semacam gajah Sumatera, harimau Sumatera, serta burung- burung sangat jarang. Tidak hanya itu, terdapat pula wisata sejarah serta budaya semacam Kota Palembang, Museum Balaputra Dewa, serta Pura Sriwijaya.

Sumatera Selatan pula mempunyai kemampuan dalam pengembangan sektor industri. Sebagian tipe industri yang tumbuh di Sumatera Selatan antara lain industri pengolahan karet, minyak sawit, serta pulp serta kertas. Tidak hanya itu, Sumatera Selatan pula mempunyai kemampuan dalam pengembangan sektor tenaga serta mineral, semacam batu bara serta gas alam.

Kesimpulan

Provinsi Sumatera Selatan merupakan suatu provinsi yang menarik buat didatangi serta dijelajahi. Dari sejarah, geografi, budaya, sampai kemampuan ekonominya, provinsi ini mempunyai banyak perihal yang menarik serta bermacam- macam. Bila Kamu mau mendatangi provinsi ini, yakinkan buat mendatangi tempat- tempat wisata yang terkenal serta mencicipi kuliner khasnya.

1 thought on “Informasi Tentang Provinsi Sumatera Selatan”

Leave a Comment